Translate

Tuesday, July 25, 2017

DESA UNIK INI MEMBERIKANMU SENSASI WISATA YANG ANTI MAINSTREAM

DESA UNIK INI MEMBERIKANMU SENSASI WISATA YANG ANTI MAINSTREAM


Source: Swa.co.id

Apakah kamu pernah merasa bosan saat berlibur ketempat-tempat mainstream seperti pantai, gunung, atau wahana? Kalau bosan, berarti kamu harus mencoba sensasi liburan yang berbeda dengan mengunjungi desa-desa unik yang ada di Indonesia. Di desa-desa ini, kamu akan menemukan hal yang tidak biasa kamu temukan di tempat asalmu. Kalau begitu tak perlu tunggu lama-lama, yuk kita langsung berselancar kedesa-desa unik tersebut.

KAMPUNG SENYUM

Merasa sumpek dengan kemacetan kota, stres karena tekanan pekerjaan, atau sedih setelah sang mantan menikah sama sahabatmu sendiri? Jangankhawatir, datang saja ke desa Cibeungsi, Ciater, Subang, jawa Barat. Di sini, ada sebuah kampung yang menawarkan kebahagiaan bagi setiap orang. Namanya KampungSenyum.

Sesuainamanya, kampung yang dibentuk oleh masyarakat setempat ini mewajibkan setiap pengunjungnya untuk terus tersenyum dan ceria. Masyarakat setempat percaya bahwa dengan tersenyum, kita bisa merasakan bahagia dan membahagiakan orang lain. Initinya, kampung ini bukanlah tempat berkumpulnya pelawak, melainkan simbol akan pentingnya tersenyum bagi kehidupan.

Meskipun ternyata desa ini tidak mampu mengembalikan senyummu yang hilang karena bayangan mantan terus mengikuti, kamu akan tetap bisa merasa fresh karena kampung ini memiliki pemandangan alam yang cantik dan sejuk dipenuhi pohon rindang. Di sini jugaada air terjun yang airnya jernih dan dingin. Jadi tempat ini sangat cocok untuk menenangkan diri, apalagi jika warga setempat sudah melantunkan tembang tradisonal.

KAMPUNG TELETUBBIES

Kampung yang terletak di Prambanan, Sleman, Yogyakarta ini adalah simbol kebangkitan setelah terpuruk akibat bencana. Kampung Teletubbies ini awalnya dibangun sebagai rumah singgah untuk korban letusan gunung Merapi di tahun 2006. Di desa ini dengan bentuk kubah yang tahan gempa, kampung ini pun sering di sebut sebagai Komplek Rumah Dome. Menariknya, bentuk kubah tersebut ternyata sangat menyerupai rumahTeletubbies. Maka dari itu, tempat ini pun dijuluki sebagai kampung Teletubbies dan banyak wisatawan yang datang kesana untuk berfoto.

DESA TANPA ROKOK

Kampung Bone-bone di Enrekang, Sulawesi Selatan ini sangat cocok buat kamu yang ingin belajar berhenti merokok. Sejak tahun 2000, beredar larangan menjual rokok yang berlanjut dengan larangan merokok di tempat umum pada 2003. Larangan ini ternyata tidak mendapat pertentangan dan aturan larangan merokok pun berlaku sepenuhnya di desa Bone-bone ini. Aturan ini pun bukan hanya berlaku bagi siapa pun yang berada di sana, termasuk pengunjung. Kalau kamu berani melanggar aturan ini saat berada di sana, siap-siap diberi hukuman membersihkan jalan, tempat ibadah, dan tempat umum lainnya.

DESA TRUNYAN

Aura mistis akan sedikit terasa kalau kamu berkunjung ke desa yang berada di kecamatan Kintamani, Bangli, Bali ini. Masyarakat di sana memiliki tradisi pemakaman yang unik. Orang yang sudahmeninggal tidak di kubur di dalam tanah atau di bakar,melainkan di letakan di atas tanah. Mayat-mayat tersebut hanya ditutup oleh kurungan bambu yang disebut Ancak. Meskipun begitu, kamu tidak akan mencium bau bangkai saat berada di sana. Hal ini karena di Desa Trunyan tumbuh pohon besar bernama Taru Menyan yang memiliki kemampuan untuk menyerap bau bangkai.

DESA MATA BIRU

Ternyata, tidak semua orang Indonesia memiliki bola mata yang berwarna hitam. Di Siompu, Kabupaten Buton Selatan Sulawesi Tenggara, terdapat beberapa desa yang dihuni oleh orang-orang bermata biru. Keindahan dari mata biru ini diwariskan dari bangsa Portugis yang pernah pernah singgah di sana pada abad ke 16. Waktu itu, penduduk lokal menerima ke datangan bangsa Portugis dengan baik, bahkan mereka rela dipersunting oleh bangsa asing tersebut. Sayangnya, jumlah orang bermata biru di Siompu ini mulai sedikit jumlahnya.

KAMPUNG WAEREBO

Jauh tersembunyi di balik pegunungan Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur, ada sebuah desa adat yang masih tetap eksis selama 19 generasi. Desa tersebut diberi nama Waerebo. Keunikan desa ini adalah adanya Mbaru Niang, rumah adat berbentuk kerucut yang jumlahnya tidak boleh kurang atau lebih dari tujuh unit. Menariknya, rumah ini bisa kamu kunjungi, bahkan kamu juga bisa menginap di sana selama semalam. Masyarakat setempatpun tergolong sangat ramah kepada para pengunjung. Desa Waerebo ini sudah terkenal keseluruh dunia, terutama sejak dinobatkan UNESCO sebagai salah satu warisan dunia pada tahun 2012. Selain budayanya yang unik dan masyarakat yang ramah, desa ini diberkati dengan pemandangan alam yang sejuk dan terjaga.

DESA PANGLIPURAN

Desa yang berada di kabupaten Bangli, Bali ini adalah salah satu desa terbaik di dunia. Masyarakat di sana benar-benar menjaga adat leluhur dengan baik sampai sekarang. Salah satu buktinya adalah kebiasaan mereka dalam menjaga kebersihan. Jika berkunjung kesini, kamu tidak akan menemukan sampahberserakan. Ini karena masyarakat Desa Panglipuran sangat menjunjung tinggi falsafah Tri Hita Karana yang senantisa menjaga keharmonisan antara sesama manusia, manusia dengan lingkungan, dan manusia dengan Tuhan. Bentuk dan posisi bangunan pun tetap dipertahankan sejak dahulu.

Jadi tunggu apa lagi, segera cari tiket murah promo ke bandara terdekat dengan desa-desa unik tersebut untuk mendapat sensasi liburan yang anti-mainstream. Kamu bisa kunjungi Reservasi.com untuk mendapatkan penawaran harga tiket terbaik.

16 comments:

  1. wah unik-unik infonya,nice gan :) yang membuat ane penasaran itu ada di desa mata biru hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane juga penasaran kayak apa orang2 di desa mata biru itu

      Delete
  2. waaaah menarik sekali kampoeng nya gan... moga2 dideket2 tempatku ada...

    ReplyDelete
  3. izin share gan .. makasih infonya..

    ReplyDelete
  4. unik unik nama desanya. itu desa tanpa roko berarti memang warganya/masyarakat nya ngga pada merokok ya

    ReplyDelete
  5. Info Bermanfaat :D
    Kunjungi Juga :
    http://lolidraw.ga/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada kolom komentar gan? Bingung ane cuma kunjungi doang

      Delete
  6. wah.. indah dan menarik..
    hati2 jadi tmptnya anak alay gan,, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jangan sampe ketauan ama anak alay :v

      Delete
  7. Desa mata biru ane baru tau tuh, penasaran pengen main2 kesana

    ReplyDelete
  8. Wah unik banget yah, nanti kalo ada duit pasti maen kesana deh. Indonesia ragam dan wisatanya juga keren-keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan ragam lagi gan, bejibun! WkwkwkLand

      Delete